Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ? Teknik

Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ?
Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Sedangkan Teknik Material adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang sifat-sifat bahan dan hubungan antara struktur bahan dan sifatnya serta mempelajari tentang desain berbagai jenis material (logam, plastik, keramik, komposit) untuk aplikasi tertentu.

Pada perguruan tinggi tertentu, kedua bidang ilmu tersebut ada yang digabungkan menjadi satu menjadi Teknik Metalurgi dan Material. Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan program studi Teknik Material saja. Cakupan bidang ilmu yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain.

Apa yang Dipelajari di Teknik Metalurgi dan Material ?
Lingkup ilmu Teknik Metalurgi begitu luas, dimulai dari pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dan pemurniannya, perekayasaan sifat fisik logam (physical metallurgy), proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi hingga fenomena kegagalan struktur logam akibat beban mekanik dan degradasi logam akibat berinteraksi dengan lingkungannya termasuk pengendaliannya, serta teknologi daur ulang. Sedangkan lingkup ilmu Teknik Material adalah mengenai teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dan lain-lain), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik dan elektron, dan lain-lain), serta analisa biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.

Prospek Lulusan Teknik Metalurgi dan Material
Lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat bekerja pada berbagai bidang diantaranya adalah :

1.   Bidang Industri Pertambangan (PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori)

2.   Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Inalum, PT. Krakatau Steel, industri pengolah emas-perak, dll)

3.   Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen)

4.   Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst)

5.   Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan

6.   Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi Listrik)

 

selayang pandang kampusku JURUSAN TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI FTI-ITS

Teknik Material dan Metalurgi  merupakan salah satu cabang teknik yang sudah lama ada, dengan bertitik berat pada pengembangan proses desain dan manufaktur dari material.

Seorang Materials Engineer mengerti dan menguasai sifat dan cara pembuatan material yang ditemui sehari-hari. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, itu semua merupakan gambaran pengembangan material dan teknik manufakturnya.

Bidang teknik metalurgi dan material berusaha mengembangkan dan meningkatkan karakteristik dari material – sejalan dengan pengetahuan tentang perilaku dari sifat-sifat material seperti kekuatan, ketangguhan, kekerasan , optik, ketahahanan korosi dan lain-lain.

Dengan pengetahuan dasar tetang sifat-sifat material maka penemuan dan pengembangan material-material baru beserta produk-produknya akan meningkatkan kemampuan dari material yang telah ada menuju material yang lebih kuat, aman dan tahan lama.

Kebutuhan tenaga Materials Engineer terus meningkat selama dua dasawarsa terakhir, pada lapangan pekerjaan yang sangat luas dan beragam.

Quote:

Berbicara soal prospek, mungkin kita definisikan jadi dua aja kali ya..

1. Prospek research
Tantangan terberat di bidang metalurgi adalah menemukan material baru utk applikasi new energy source spt fuel cell dan solar cell, begitu pula applikasi di bidang elektronik dan mesin. Selain itu, fokus penelitian bidang Metalurgi adalah optimasi proses pengolahan bahan mentah –> bahan baku –> bahan jadi. Optimasi ini mencakup lingkup efektivitas, efisiensi (energy tentu nya), automation, serta penurunan kadar CO2 dan bahan2 kimia yang berbahaya lainnya.

Nah, dari yang saya sebutkan di atas, tentu saja, ilmu metalurgi merupakan basic dari ilmu2 lainnya, semakin ilmu metalurgi berkembang, semakin banyak pula penemuan2 di bidang2 teknik2 lainnya…spt contoh, jaman dulu media penyimpanan cuma pake floppy disket tapi semenjak di kembangkan cabang ilmu metalurgi yang dinamakan surface material engineering digabung dengan laser technology maka kita kenal teknologi compact disc de el el, belum lagi perkembangan nano material yang aplikasi nya sangat luas…

2. prospek Kerja
Kalo soal pekerjaan, jujur, saya sarankan kita serahkan ke Yang Maha Kuasa aja   , maksud nya gini lho, di kuliahan terutama di bidang teknik dan engineering, kita dituntut ukt berpikir logis dan efektive terserah mau di bidang apa..ketika kita dihadapkan kenyataan ttg mencari pekerjaan, lulusan2 engineering jelas mempunyai prospek ke bidang manapun (bahkan ke perbankan).

Ideal nya, lulusan Metalurgi bekerja di:
1. Perusahaan berbasis Material Science spt :

a. Pengolahan logam (besi dan baja –> Krakatau Steel)
b. Pengolahan bahan mentah (FREEPORT de el el
c. Industri otomotif (Toyota ASTRA, Honda de el el)
d. Industri komponen otomotif
e. Industri gelas, keramik dan polimer

2. Perusahaan Migas
3. Bank dan asuransi
– sbg business analyst teruama yang berhubungan dengan life time sebuah produk yang berhubungan dengan material science.

dan banyak lagi…

Bisa juga melanjutkan ke program S2 dan S3Image

 

 

 

91 thoughts on “Apa Itu Teknik Metalurgi dan Material ? Teknik

  1. maaf kami ingin tahu apakah bpk/emas ini sudah lulus dari Material dan Metalurgi,..kalau sudah bagaimana teman-2 yang lain apakah sudah bekerja pada tempat yang sesuai dengan bidangnya,….kalau bisa pakai prosentase berapa yang sesuai dan berapa prosen yang diluar jalur,…..karena tentu yang bekerja sesuai dg jalur akan lebih menyenangkan….

    1. maaf sebelumnya sangat sangat sangat lama saya tidak membuka blog ini karena banyak sekali kesibukan.. Saya sendiri masih menjalani studi di material ITS. Sampai saat ini saya belum dapat secara pasti persentase data yang lulus dan bekerja sesuai jalur.. namun orang2 yang selama ini saya kenal telah bekerja sesuai dengan bidangnya mengingat material metalurgi memiliki ranah yang sangat luas karena mempelajari tentang semua material yg ada (logam, komposit, polimer dll) jadi saya rasa mostly sesuai dengan jalurnya dan beberapa meneruskannya ke jenjang S-2 dan ada beberapa yg menerima beasiswa untuk studi diluar negeri.

  2. Saya sudah diterima di unjani teknik metalurgi, tapi jujur saya kurang paham sama kimia dan fisika :)) mau dilanjutkan takutnya stres di tengah tengah perkuliahan.
    Mohon masukannya mass terima kasih

    1. maaf baru balas kuliah padet banget hehe, Awalnya aku juga gitu kok kimia,fisika,matematika bahkan biologi yang tadinya dikira gak ada malah muncul lagi disini hehe.. Intinya jangan menyerah kalo kita berusaha pasti bakal ada jalannya.. kalo caraku selama ini buat ngadepin mata kuliah kayak gitu kita harus pinter2 berteman, cari temen yang punya kemampuan lebih dari kita, kita belajar bareng sama dia, boleh juga bikin grup belajar biar semuanya bisa ngerti. Kalau kuliah kayak gini kita gak bisa kerja sendiri menurutku, kita harus saling kerja sama saling melengkapi karna gak mungkin 100% mahasiswa nangkep pelajarannya. Yang kedua kenali pasion kamu dilingkungan kampusmu buat itu jadi motivasi kamu bertahan disana. Yang terakhir kenali diri kamu sendiri ini yang paling penting. Kenali tujuan dan motivasi kamu disana apakah kamu mau berjuang sampai akhir dan berusaha semaksimal mungkin atau kembali lagi dari nol. Kenali dulu keadaan disana buat dirikamu nyaman disana klo tetap gak bisa bertahan selama satu semester itu sudah saatnya kamu membuat keputusan. Panjang ya? sekalian curhat hehe

      1. Saya dulu sbmptn dulu namanya masih snmptn tulis (ada snmptn tulis dan snmptn undangan), dan tulis terbagi ke jurusan IPA, IPS dan IPC. Saya mengambil SNMPTN tulis IPA. Untuk peraturan saat ini saya nggak tahu silahkan cek di website resmi sbmptn/snmptn untuk lebih jelasnya.

    1. Kata siapa tuh hehe… Saya sendiri belum masuk dunia kerja jadi belum bisa berkomentar lebih lanjut.. Mungkin bidang2 tertentu saja yang membutuhkan ketahanan fisik laki2 saja yang seperti itu. Overall semua ada kapasitasnya masing2 dan juga tergantung kebutuhan perusahaan

  3. Waaaaa aku pengen banget bisa lulus di t. metalurgi:( disini semua bidang pelajaran ipa kepake ya kak? Jadi ga sia-sia pelajaran ipa di sma hehe tapi ada yang bilang t.metalurgi ini bidang nya cowo:( banyak turun lapngan dsb. Jadi sebenernya gimana kak? Boleh bagi pengalamannya? Terimakasih sebelumnya 😉

    1. Iya bener pelajaran ipa kepake semua bahkan biologi juga ada (coba lia dipostingan yang mata kuliah). Siapa bilang cuma bidangnya cowok? enggak semuanya harus turun lapangan langsung ada juga analisa yang di laboratorium dan gak panas hehe… Banyak kok yang cewek juga banyak. Diangkatanku misalnya dari 140an anak ada 30an ceweknya dan tiap tahun makin bertambah. Dan biasanya yang cewek lebih pinter dari yang cowok kalo nangkep pelajaran hehe.. (curhat haha..)

  4. mas bro dalam mengenai prospek kerja apakah teknik metarlugi sanagat dibutuhkan dalam perusahaan? dan apakah fti its sangat ketat persainganya?

    1. halo mas bro..Tergantung dari perusahaan mana yang dimaksud.. ada beberapa perusahaan yang membutuhkan analisa di bidang metalurgi misalnya perusahaan smelting dll klo untuk metalurgi sendiri lingkupnya tidak teralu luas (logam ferrous dan non ferrous) tapi karena di ITS jurusannya bernama Teknik Material dan Metalurgi jadi ada dua bidang teknik yang dipelajari dan pada Teknik Material sendiri bidang cakupannya sangat luas mulai dari mempelajari polimer, komposit dll jadi asumsinya sejauh perusahaan mengolah bahan2 tersebut maka Teknik material dan Metalurgi dubutuhkan… FYI Hanya ada dua Perguruan Tinggi yang menggabungkan Jurusan Material dan metalurgi menjadi satu yaitu UI dan ITS

  5. Kak, mau tanya nih, kan aku mau ambil t.metalrugi di snmptn, apa sih yg perlu disiapin tuk ngadepin tknik ini? Gitu aja kak,makasiiih..

    1. persiapannya belajar dan berdo’a hehe… untuk semester awal biasanya pelajarannya kayak SMA ada fisika (dasar),kimia (dasar),matematika (kalkulus) dan pelajaran pengenalan metalurgi gitu setelah itu tinggal diikutin aja mata kuliah yang ada…intinya semua pelajaran sma (kimia,fisika,matematika) kepake di teknik ini

      1. bung numpang nanya tentang material kalau untuk mata kuliah fisika itu mempelajari tentang apa apa saja ??

      2. sama seperti fisika di jaman sma jadi seperti mereview kembali pelajaran fisika dengan penambahan permasalahan yang lebih kompleks. Untuk Fisika dasar pembahasannya biasanya meliputi: Besaran dan Vektor,Kinematika Partikel,Dinamika Partikel, Kerja dan Energi,Dinamika Rotasi,Getaran
        dll.

  6. Boleh nambahin ya. Saya alumni metalurgi juga, saat ini bekerja sebagai Metalurgi & NDT Engineer di sebuah perusahaan petrokimia. Kalo masalah gender tentunya ada beberapa bidang yang biasanya khusus cowok tapi bidang yang bisa menerima cowok/cewek juga ga kalah banyak. Banyak sekali malahan. Dan saingannya ga banyak, cuman ada beberapa saja universitas yang ada teknik material / metalurginya.

  7. Mas , saya kan daftar snmptn 2016 jurusan Material metalurgi di its . Buat buku2 penunjang materi kuliah yang saya baca di silabus kurikulumnya mamet 2014-2019 . Itu bukunya kok mahal2 ya mas . Kalo mau nyari yang murah d surabaya dmn ya mas ? Mksh

    1. Wah sip… untuk kuliah itu bukunya banyak banget dalam artian kita explore dari macam-macam buku dari satu mata kuliah aja gak kayak waktu SMA yang ada buku paketnya… emang ada beberapa mata kuliah yang menganjurkan punya buku pedoman tapi gampang kok nyarinya pinjam kakak kelas juga bisa hehe… Untuk buku material metalurgi emang jarang banget di Indonesia tapi dengan adanya internet semua buku bisa di cari kok…

      1. Halo mas salam kenal
        allhamdulillah saya kan masuk teknik material metalurgi its jalur snm 2017, disini saya mau minta referensi untuk buku penunjang pembelajaran
        trimakasih

      2. Halo betari, Pertama saya ucapkan selamat datang dan selamat berjuang. Untuk referensi alangkah baiknya jika bertanya pada dosen pengampu masing-masing mata kuliah karena beliau-beliau yang memiliki kurikulum yang sesuai untuk diajarkan. Bisa juga ke kakak-kakak angkatan yang pernah mengambil mata kuliah tersebut

  8. kak boleh kasihtau pelajaran kimia yang dipelajari seperti apa? sama seperti SMA yang harus membuat persamaan reaksi terlebih dahulu dll atau tidak? hehe karna saya ingin masuk jurusan ini tapi saya kurang sekali di pelajaran kimia..

    1. halo..iya kurang lebih sama seperti sma untuk semester tahap persiapan (semester 1&2) selanjutnya reaksinya lebih khusus seperti reduksi / oksidasi pada proses pengolahan logam dll

  9. Mas permisi mau tanya nih, apa kalo masuk jurusan mamet, harus ada persiapan dalam hal komponen mesin? Soalnya Ane anak sma jurusan ipa n lagi aja ketrima its jurusan mamet

    1. halo iqbal selamat datang di ITS. Enggak juga kok nanti di jurusan ini bakal diajari tentang komponen mesin baik yang sudah berpengalaman ataupun belum tetap diajari (ada mata kuliah elemen mesin,proses produksi,teknologi pengelasan dll) jadi tenang aja persiapannya ya tetep baca buku tentang mata kuliah itu nanti

      1. halo habib, Ngisi apa ya ? kalo pilihan perguruan tingginya peraturan dulu maksimal 2 sepertinya dan masing-masing bisa ambil 2 jurusan yang berbeda seingetku, saya isi 2 universitas masing2 satu jurusan.

  10. Ngeri pak bos, dadi konsultan teknik material dan metalurgi. Rank google halaman pertama eh untuk keyword “Teknik Material dan Metalurgi” Edian..

    1. hehe… gak ngerti bos hanya share pengalaman .. suwun wes mampir.. sukses bro jangan lupa share di sini lek onok info menarik tentang material metalurgi hehe

  11. Kak kalo dari segi akreditasi udah A kan? Kalo teknik material digabung dengan teknik metalurgi sama yang dipisah bedanya apa kak? Apa kalo yang digabung agak lebih berat? Saya baru naik kelas 3 SMA, tapi tertarik untuk masuk kesini kak…

    1. Wah sekarang sepertinya kamu sudah lulus SMA mohon maaf selama setahun ini tidak bisa mengelola blog dengan baik. Untuk akreditasi sendiri bisa kamu cek di situs universitas masing-masing. Untuk ITS sudah terakreditasi A. JIka digabung bukan berarti lebih berat hanya saja yang dipelajari menjadi semakin banyak. Positifnya adalah kita dapat mempelajari material logam serta material-material lainnya. Untuk jurusan dengan metalurgi atau material saja sejauh yang saya tahu dari teman-teman universitas lain juga memberikan pelajaran yang sama namun dengan proporsi yang berbeda-beda dan lebih less detail daripada jurusan yang digabung.

  12. Kak aku diterima di Teknik Material & Metalurgi ITK, tapi aku lulusan SMK, apa fatal itu kak kedepannya, takut nyerah ditengah2, apalagi pelajaran di SMK dan SMA beda banget, jadi gimana kak ? aku harus apa ?

    1. Halo. Sepertinya kamu sudah menjalani masa perkuliahan satu tahun ada disana dan kamu sendiri sudah memiliki gambaran apa saja yang harus ditingkatkan dari kemampuanmu. Justru dengan masuk SMK kamu sudah memiliki keterampilan menggunakan alat-alat yang sebenarnya juga dibutuhkan di jurusan ini. Untuk pelajarannya tahun pertama akan diajari dasar-dasar lagi bukan berarti menguntungkan anak SMA karena memang kembali ke pelajaran dasar yang semuanya harus dipelajari lagi baik lulusan SMA maupun SMK. Good luck ya

  13. Permisi kak, mau tanya dong suka dukanya jadi anak fti mamet. Susah gak sih masuk jurusan ini? Aku pengen ke jurusan ini tp masih ragu dgn kemampuan kimia&fisika ku.. Hehe.. Terimakasih..

    1. Halo. Sepertinya saat ini kamu sudah menentukan keputusan untuk masuk jurusan mana. Mohon maaf baru reply sekarang karena banyak sekali kesibukan ditahun ini. Banyak sekali suka dukanya disini contohnya bisa dapet tugas yang harus membuat kita tidak tidur, bisa dapet teman-teman yang bisa dititipin absen kalo kita lagi ngerjakan tugas lain haha.. Kalo di ceritakan satu-satu bisa jadi blog lagi haha.. Untuk kemampuan fisika dan kimia pada tahun pertama akan diajari mulai dasar lagi so, jangan takut dan belajar lagi. good luck yaa

  14. Kak, apakah akan ada perusahaan yang langsung memesan lulusan t.metalurgi atau kita yang cari perusahaan?

    1. Beberapa perusahan yang terkait langsung dengan bidang material & metalurgi memang khusus mencari lulusan teknik material dan metalurgi. Hanya saja perguruan tinggi tersebut harus memiliki kerjasama dengan perusahaan tersebut selain itu kemampuan kita juga harus diatas rata-rata. So, good luck

  15. Permisi, mas mau tanya, apa bener buku buku mamet itu nyarinya susah? Alhamdulillah, saya baru keterima mamet ITS kemarin, tapi masih sedikit bingung sama buku buku penunjangnya hehe…

    1. Karena jurusan material dan metalurgi sendiri cukup sedikit maka sudah tentu bukunya susah dicari disini tapi tenang cobalah bertanya ke kakak angkatan kalian, biasanya mereka sudah memiliki buku-buku yang dipakai dalam pengajaran. Kalau ingin yang baru bisa memesan secara online tinggal ketik saja judul bukunya maka akan ada situs-situs yang menawarkannya

  16. kak, mau nanya kan di jurusan teknik mamet
    ada pelajaran fisika, itu yang dipelajari materi apa? terus kalo biar bisa diterima snmptn nilainya harus berapa? terima kasih ☺

  17. kak mau aku mau tanya, kalo mau masuk melalui jalur snmptn ke metalurgi its ini yg harus lebih unggul utk nilai rapot nya lebih ke kimia fisika matematika atau salah satu dari ketiga itu aja ya? makasih kakk

    1. Halo. Tidak ada ketentuan mata pelajaran yang ini harus unggul dengan mata pelajaran yang lain. Jika memenuhi kriteria maka akan diloloskan tentu dengan pertimbangan masing-masing perguruan tinggi. So, good luck

    1. Wah sepertinya sudah satu tahun saya tidak membuka blog ini maaf ya dek Bintang semoga kamu sekarang sudah berada di jurusan yang di idamkan, Teknik material dan metalurgi khususnya di ITS menyediakan program sarjana (S1) dan Pasca sarjana (S2). Sekali lagi mohon maaf untuk balasannya yang telat karena kesibukan satu dan lain hal. Saya berupaya untuk selalu update blog ini jika ada kesempatan.

  18. Saya alumni Teknik Metalurgi Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI) Bandung, belajar di jurusan Teknik Metalurgi sangat menarik, dan aplikasi ilmunya nyaris tanpa batas untuk bidang teknik, hampir semua industri membutuhkan peran para Metallurgist. Alhamdulillah Saya sudah bekerja lebih kurang 15 tahun dan sangat menikmatinya. Di jurusan Teknik Metalurgi peminat kaum hawa juga cukup banyak, secara total peminat masuk jurusan yang satu ini terus meningkat, untuk angkatan 2016 di Unjani saja untuk satu angkatan sudah lebih dari 100 mahasiswa. So…..selamat bergabung di jurusan Teknik Metalurgi….Salam Brotherhood

    1. Wah salam kenal mas, saya setuju dengan pendapat anda, aplikasi ilmu metalurgi dan material sangat luas. Senang sekali ada alumni metalurgi yang bersedia berbagi pengalaman disini.

    1. Halo putra, untuk jenjang pasca sarjana sendiri (S-2) kamu bisa memilih bidang yang kamu suka bahkan selain bidang yang kamu ambil saat ini, tapi kalau kamu ingin memperdalam pengetahuan dibidang yang sudah dikuasai kamu bisa melanjutkannya di pasca sarjana yang sama. Untuk teknik material dan metalurgi di ITS juga tersedia program S-2 untuk perguruan tinggi lainnya silahkan cek di website masing-masing perguruan tinggi tersebut.

  19. Kayaknya seru yaa.. Aku pengen masuk teknik material dan metalurgi kak.. Cewe juga gapapa kan ? hehe
    Berdasarkan penjelasannya, kayaknya aku banget gitu, hehe.. Doain yaa kak 🙂

    1. Halo may, mohon maaf mungkin memang saya harus cantumkan nomor disini supaya fast respon ya. Untuk yang sekedar ingin tahu jurusan ini silahkan kontak media sosial saya atau kirim saja pesan di nomor Whatssap : 083830241530 mungkin jauh lebih fast respon daripada blog ini. Sepertinya sekarang kamu sudah berada di jurusan yang telah kamu pilih selamat berjuang dan sukses selalu.

  20. Hai kak fikan, search ‘teknik material dan metalurgi’ langsung nemu blog ini , semua post ttg jurusan ini udah ku baca, comment2 nya juga ku baca, pas april 2015 kaka lg semester 6… sekarang smt brp kak? Pasti lg sibuk ya,,
    Kalo udah lulus nanti, post tentang perjuangan seusai kakak lulus jurusan ini ya kaak 🙂
    Makasiih

    1. halo Intandz, sepertinya sudah saya sebutkan di artikel atau di kolom komen kalau tidak salah. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program teknik material dan/atau teknik melaurgi seperti ITS, ITB, UI, UNJANI dan lain-lain silahkan cari di website masing2 perguruan tinggi

    1. Untuk nilai minimal kamu bisa cari tahu di website perguruan tinggi yang bersangkutan, bahkan ada lembaga kursus yang mengeluarkan range berapa kualifikasi nilai yang diterima. Meskipun bukan tolak ukur pasti setidaknya angka tersebut bisa kamu jadikan patokan. cmiiw

    1. terima kasih ka, membantu banget untuk jadi salah satu informasi tambahan untuk insyallah masuk PTN, ka saya mau nanya, perbedaanya material&metalurgi dengan material yang ada di Fakultas tehnik mesin dirgantara, kalau tidak salah sama juga analisis komponen dan failure analyst

      1. secara garis besar perbedaannya terdapat pada objek apa yang ingin dikaji lebih dalam. Ini mengingatkan saya untuk mebuat artikel tentang material, metalurgi dan material& metalurgi. Semoga ada kesempatan bagi saya untuk membuat artikel tentang ini. Terimakasih atas pertanyaanya

  21. ka dari smk bisa ngga sih gabung masuk matalurgi?? aku butuh pencerahan nih taun depan sbmptn hehehe maksih ka 🙂

    1. Halo Hernan, alangkah baiknya kalau kamu mengambil jurusan yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai sebelumnya, untuk peraturan seleksi tahun ini saya nggak tahu ya kemungkinan tidak bisa kalaupun bisa tentu butuh usaha yang lebih keras bukan hanya waktu seleksi masuk tapi juga saat kamu menempuh pendidikannya. Semoga kamu menemukan jurusan yang di idam-idamkan. Selamat berjuang.

    1. Halo suciningsih, salah satu yang dipelajari adalah membuat logam dan paduannya namun secara lebih luas banyak sekali yang dipelajari, kalo ada kesempatan nanti saya muat artikel tentang metalurgi, material dan metalurgi& material.

  22. perkenalkan saya lulusan smk geologi pertambangan saya mau lanjut ke Geologi tapi gak bisa karna saya buta warna parsial, apakah di teknik metalurgi juga gak bisa bagi org buta warna parsial ?terima kasih

    1. Dulu waktu saya diterima sepertinya ada pengetesan untuk buta warna, namun saya tidak tahu peraturan saat ini. Kamu bisa menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan untuk menanyakan hal tersebut.

Leave a comment